Sabtu, 10 Maret 2012

Wisata Belanja Di Pasar Klewer


Kalau dengar kata pasar klewer, yang terbersit pertama adalah tempat pusatnya batik. Tempat penjualan berbagai macam keperluan yang berbahan dasar batik. Pasar yang terletak di Kota Solo tepatnya didekat kraton kasunanan dan Masjid agung Surakarta ini merupakan salah satu pasar batik terbesar di Indonesia.
Kenapa disebut pasar klewer, pada awalnya menurut para perintisnya para pedagang menggelar barang dagangan batiknya secara bergantung-gantung atau yang dalam bahasa jawanya disebut klewer-klewer. Hingga saat ini istilah itu digunakan sebagai nama pasar tersebut.
Ratusan juta rupiah dilakukan para pedagang batik dipasar tersebut. Pasar yang mulai dibuka mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore ini menawarkan batik dengan harga grosir hingga para pedagang yang tidak hanya dari area solo datang ke kota ini untuk mendapatkan batik.
Kini Pemkot Solo\ memgembangkan warisan budaya berupa batik ini dengan membuka tempat penjualan baru dengan fasilitas yang lebih nyaman setara mall didekat kasultanan solo juga yakni Pusat Grosir Solo (PGS) yang orientasinya juga batik.
Semoga dengan dilakukannya berbagai upaya oleh Pemkot Solo untuk mengembangkan batik mendapat sambutan yang baik sehingga batik akan tetap dikenal anak cucu kita nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar